Mengapa memilih kuliah di Teknik Informatika …

Wah,, sudah lama tidak menulis di blogku yang tercinta ini lagi. Sibuk banget semester 2 ini. Alhamdulillah aku bisa mengambil 23 SKS. Jadi, aku harus pintar – pintar membagi waktuku. Nah, sekarang aku berniat untuk menulis sebuah artikel yang Mungkin sangat cocok bagi teman-teman yang sedang menduduki kelas 3 SMA ataupun yang sedang bersiap-siap untuk mengikuti tes masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Emang sih,, bener banget, kita harus benar – benar tahu jurusan apa yang akan kita pilih untuk melanjutkan studi kita. Kalau kita sudah memutuskan dan ternyata putusan yang kita ambil tersebut melenceng, wah.. bisa – bisa kita hanya membuang uang dan waktu aja, tidak mendapatkan manfaat ataupun ilmu sedikitpun.

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan dan sekaligus mempromosikan jurusan Teknik Informatika. Mengapa saya dan sebagian besar teman – teman berminat mengambil di jurusan ini, Bagaimana prospek kedepan dari lulusan jurusan ini, dan lain – lain. Langsung saja..

Teknik Informatika mengkin bisa dibilang sebagai Jurusan Terfavorit di era sekarang. Hal ini dipicu semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi masa kini dan masih sangat minimnya tenaga IT di Indonesia ini. Sebuah fakta menyebutkan bahwa Indonesia masih membutuhkan kurang lebih 10 ribu tenaga IT yang lulusan dari Jurusan IT. Tidak heran kalau tenaga IT profesiaonal di Indonesia ini sangatlah dibutuhkan dan pastinya akan dibayar dengan gaji yang tidak sedikit.

Menurut servei secara tidak formal ke teman – teman satu jurusanku tentang mengapa mereka emilih teknik Informatika untuk melanjutkan studinya, saya mendapatkan berbagai alasan. Berikut adalah alasan – alasan Mengapa memilih untuk kuliah di Teknik Informatika :

1. Sarjana Teknik Informatika sangat diminati perusahaan – persahaan besar di Indonesia ataupun di Dunia

Mungkin hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa lulusan IT sangat mudah untuk mencari pekerjaan. Berikut cuplikan dari website LSP Telematika Indonesia

Peluang kerja di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada tahun-tahun mendatang, diperkirakan akan melonjak drastis, seiring kemajuan teknoogi di berbagai bidang yang membutuhkan adaptasi pasaran kerja. Kebutuhan tenaga IT di bidang industri software baik di dalam maupun luar negeri juga terus naik tajam. Tahun 2015 saja, misalnya, kebutuhan tenaga IT di luar negeri mencapai 3,3 juta lapangan kerja. Sedangkan di dalam negeri, kebutuhan tenaga IT diperkirakan mencapai 327.813 orang. Kebutuhan tenaga profesional IT di dalam negeri itu didasarkan pada proyeksi pertumbuhan industri tahun 2010 yang memiliki target produksi sekitar 8.195.33 US $, dengan asumsi produktifitas 25.000 per � orang. Beberapa negara maju dan berkembang saat ini memang mulai merasakan tingginya kebutuhan akan tenaga kerja di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Menurut Ir Stefanus Thomas Suhalim, Ketua STMIK ProVisi Semarang, beberapa waktu lalu, Cina saat ini menghasilkan 200 ribu tenaga kerja TIK setiap tahun. Namun demikian, jumlah tersebut belum mencukupi kebutuhan pasar kerja TIK di Cina. Diperkirakan tahun 2008 mendatang, negara itu kekaurangan tenaga kerja TIK sebanyak 2,2 juta orang. Sementara di Amerika, mengutip laporan Information Technology Association of Amerika, pada tahun 2001 saja sudah terbuka peluang bagi 900.000 tenaga kerja di bidang itu. Namun dari jumlah tersebut, 425.000 kesempatan tidak terisi. “Mereka kekurangan pelamar yang memenuhi kualifikasi teknis dan nonteknis,” tutur Suhalim mengomentari kebingungan negara-negara itu terhadap kurangnya tenaga kerja TIK. (portalhr/Lily)

Memang benar, hal ini memicu hasrat teman – teman mengapa memilih berkuliah di bidang IT.

2. Sarjana IT tidak hanya bisa menjadi seorang pekerja, namun juga bisa menciptakan pekerjaan sendiri
Para lulusan IT jika didukung dengan kemampuan berwirausaha yang cukup pasti bisa menjadi pengusaha yang sukses. Hal ini didukung oleh fakta bahwa masih minimnya produk – produk IT buatan dalam negeri. Pasti pasar akan lebih memilih untuk membeli program – program buatan dalam negeri yang jauh lebih murah dengan kualitas yang tidak jauh beda dengan produk – produk luar negeri.

Tak heran jikalau alasan ini dapat memprekuat niat kita untuk memilih Teknik Informatika sebagai tempat study lanjutan kita.

3. Jurusan IT adalah jurusan yang paling diminati
Hal ini terbukti dengan tingginya peminat Teknik Informatika ataupun Sistem Informasi pada Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia. Berikut adalah tabel hasil SNMPTN tahun lalu di ITS yang saya copas langsung dari snmptn.ac.id :

Kode Program Studi Daya Tampung Peminat Tahun Lalu
511011 Fisika 55 97
511025 Matematika 45 162
511033 Statistika 55 297
511041 Kimia * 80 259
511055 Biologi * 60 178
511063 Teknik Mesin 90 838
511071 Teknik Elektro * 125 1198
511085 Teknik Kimia * 100 876
511093 Teknik Fisika 60 291
511106 Teknik Industri 90 1124
511114 Teknik Material 50 371
511122 Teknik Sipil 80 827
511136 Arsitektur * 60 598
511144 T. Lingkungan * 70 629
511152 T. Geomatika * 40 159
511166 P.Wilayah Kota 40 572
511174 T. Perkapalan 60 347
511182 Teknik Kelautan 60 198
511196 S. Perkapalan 60 227
511203 T. Informatika 100 3060
511211 Sistem Informasi 80 1360

Pada tabel tersebut telah jelas kita lihat bahwa jurusan IT, Teknik Informatika dan Sistem Informasi, merupakan jurusan terfavorit di ITS, begitupun di berbagai Universitas lainnya.

Tingginya peminat pastinya dikarenakan berbagai alasan yang mungkin tidak tertera di artikel ini.

4. Mahasiswa Teknik Informatika tidak mempelajari pelajaran yang menjadi Momok para pelajar
Fisika, Kimia, ataupun Biologi tidak lagi dipelajari secara mendalam di jurusan ini (Teknik Informatika ITS Kurikulum Baru tahun 2009). Hal ini bisa menjadi pemicu mengapa sebagian pelajar yang tidak kuat di bidang pelajaran – pelajaran tersebut berminat untuk memasuki jurusan Informatika. Hal yang akan dipelajari di Teknik Informatika adalah hal – hal yang berhubungan dengan logika. Tidak lagi pusing – pusing mempelajari Fisika, ataupun harus Menghafal konsep ataupun istilah – istilah Biologi dan Kimia, di sini kami hanya mempelajari analisa teknologi, konsep matematis, logika pemrograman, sistem bisnis cerdas, dan hal – hal yang asyik untukk dipelajari lainnya.. Enak kan..

So,, buat apa bingung – bingung mikirin jurusan lagi. Udah jelas kan,, Teknik Informatika adalah jurusan yang paling Asyik. Tunggu apa lagi ??

92 thoughts on “Mengapa memilih kuliah di Teknik Informatika …

  1. Pingback: Seperti Apa kuliah di Teknik Informatika ITS ?? « Informatics Engineering Stuffs

    • Kalau D1 Teknik Informatika biasanya lebih ditekankan ke penguasaan software tertentu agar siap kerja dalam jangka waktu 1 tahun pengajaran / pelatihan.

  2. 4. Mahasiswa Teknik Informatika tidak mempelajari pelajaran yang menjadi Momok para pelajar

    Matematika tetep perlu, sebagai penunjang belajar di IT, terutama Computer Science namun tidak menjamin seseorang untuk bisa..

    • Ya benar sekali saudara Geby.. Yang saya maksudkan dengan “pelajaran yang menjadi Momok para pelajar” tidak termasuk Matematika.
      Menurut saya Matematika bukan merupakan pelajaran yang menjadi Momok para pelajar. Karena matematika itu Fun.

  3. Ass…

    Wuih hebat blognya, T.informatika aku suka mengenai hal itu, menarik.

    Teruz ya beri pengetahuan TI

    wa alaikum…

  4. menurut saya , poin ke-4 itu subjektif.. bisa jadi buat program > full of logic, akan jadi momok sama anak yang kreatif(otak kanan nya bagus–> btw, kebalik ga ya? )

    • Iya juga sih mbak.. Kalo dominan otak kanan, pasti suka banget ama seni, sedangkan logic jadi momok. Sedangkan, kalo yang dominan otak kiri, sebaliknya.. Terima kasih atas pendapatnya..

  5. Ass..

    Memang jurusan IT sangat bagus tapi yang menjadi pertanyaan saya apakah peluang kerja sebanding dengan banyaknya lulusan IT di Indonesia?

    Was… :)

    • TO : tree
      Walaikumsalam Wr Wb..

      Memang saya akui bahwa banyak sekali Universitas di Indonesia yang meluluskan Sarjana Teknik Informatika. Hal ini dikarenakan oleh isu dan hasil servey meningkatnya kebutuhan tenaga kerja IT di Indonesia.
      Menurut saya, untuk 10 tahunan ke depan, kebutuhan akan tenaga kerja IT pasti meningkat terus. Oleh karena itu, saya rasa peluang kerja di bidang Teknik Informatika masih sebanding dengan banyaknya lulusan IT di Indonesia..

      Jikalau terjadi kemungkinan terburuk pun, Para lulusan IT pasti bisa berwirausaha. Misalnya, lulusan IT yang mengambil minat Software Engineering mungkin dapat membuka wira usaha software house. Membuat program kecil2an kemudian dijual di sasaran yang tepat. Insya Allah, pasti bisa menghasilkan uang..

      Wassalamualaikum Wr Wb..

  6. hello..
    assalamualaikum wr. wb.
    maw nanya nich..
    brapa sich rating masuk teknik informatika its..
    pingin nyoba di tahun depan..
    doain ya bisa masuk ntar.

    • @Rudi :
      sama – sama..
      Kalau di T. Informatika ITS, Matematika yang kami pelajari masih di lingkup Matematika Diskrit, masih mudah. Saya masih sem 3. Mungkin Matematika yang lebih rumit jika mengambil bidang minat Komputasi Cerdas Visual pada sem 6 nanti..

  7. Mas dew, kalo saya sedikit lemah di matematik tapi kuat di logika, apa saya bisa bertahan di jurusan T. Informatika?
    Lalu gimana tips nya supaya bisa lolos ke jurusan T. Informatika ITS?

    Makasih ya mas dew atas share nya, insyaallah saya nyusul ke ITS tahun 2010.

  8. artikelnya bagus bos….
    inspiring buanget buat gw yg br ja masuk kuliah dIT juga….
    cayo!!!!!!
    keep spirit buat bocah-bocah IT….
    hahaha….

  9. we are the same bro…
    matematika itu fun…
    pelajaran paling asik sdunia..
    walau terkadang bikin otak puyeng..tapi klu dpat pemecahan masalahnya kayak dapat durian runtuh…

  10. amin dah…semoga benar.. *saya juga kuliah jurusan teknik informatika dan kita seangkatan lho..[sama-sama 2008]..salam kenal..

    • Idealnya kan kemampuan menyeimbangi kemauan. Kebijakan sekarang membuat peluang untuk masuk lewat jalur SNMPTN lebih sempit. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan yang mumpuni untuk meraih kunci masuk T. Informatika, khususnya jika diempuh dengan jalur SNMPTN. Selamat berjuang :))

  11. Q lusiana. Kls 3 SMA ckrg. Kykny jurusan tknik informatika jd prtimbanganQ mas. Thx bwd info2 dr mas.
    Q mau tny mas. Jurusan desain grafis dg tknik informatika tu bda ta mas?

    • Jelas beda antara jurusan Teknik Informatika dan Desain Grafis / Desain Komukiasi Visual. Teknik Informatika mempelajari tentang bagaimana cara kita mengasah algoritma pembuatan perangkat lunak, sedangkan desain grafis lebih ditekankan ke arah bagimana kita menggunakan tools desain grafis untuk menciptakan kreasi gambar yang menakjubkan.

      Meskipun demikian, kemampuan dan bakat desain grafis di Teknik Informatika sangat mendukung, khususnya dalam hal pembuatan proyek perangkat lunak. Mahasiswa Teknik Informatika tidak mempelajari desain grafis, namun desain grafis sangat dibutuhkan sebagai pemanis program yang di buat dan pasti menjadi salah satu kriteria penilaian.

  12. sekedar masukan,Gini kawan kita jangan melihat dari 1 sisi tentang infomatika, saya lulus smk mengambil jurudan TEKNIK INFORMATIKA dan kulia sampai Semester 5 ambel T Informatika,tapi semester 6 pinda jurusan Teknik Elektro setelah sy pikir pikir, TI dimana mengarah pd pembuatan program, klo hanya membuat program logika tdk usah kuliah, cukup beli komputer lalu Download ebook pemrograman Languge macam C,C++,JAVA,DELPHI,VB dll, trus coba di komputer sampai compail.kalo saran daya AMBEL AJA TEKNIK KOMPUTER atau Elektro karna di jurusan ini akan di plajari pemrograman juga, kamu bisa SOFTWARE and HARDWARE (perangkat lunak dan prangkat keras.

    • Terima kasih atas masukannya bro. Alhamdulillah saya kuliah di sini mendapat jauh lebih banyak daripada itu. Bukan hanya software, hardware, tetapi juga konsep detail dan algoritma detail mengenai itu semua. :))

  13. kul di tek informatika apa kudu jago kompu dulu?programing misalnya??
    terus kalo bagi orang yang awam seperti saya, gimana cara yang paling efektif “ngejar” materi yang sama sekali belum saya mengerti, kaya pemrograman terstruktur misalnya..makasih..

  14. Yang dimaksd penggunaan logikad teknik informatika itu gimana?saya suka matematika tp lbh ke hapalan jd cocok atau tidak soalnya saya jg mau masuk akutansi

  15. assalamualaikum..
    kak, saya mau tanya,
    saya pengen masuk jurusan TI juga,
    tapi saya sering dengar kalo TI tuh susah banget,
    sampe sampe di jurusan TI tuh krisis banget cewenya..
    saya jadi minder, takut ga bisa ngejalanin..
    ada saran ga, kak?
    trims..
    wass..

    • Wa’alaikumsalam Wr. Wb

      Jumlah cewek di sini gak sedikit2 amat kok. Rata – rata perangkatan, jumlah ceweknya sepertiga dari jumlah seluruh angkatan.
      Yang terpenting kamu menyukai dulu. Kalo masalah sulit itu bisa ditalangin. Di sini ntar kamu kuliahnya kan gak sendirian. Ada teman – teman angkatanmu. Nah, itu yang bisa bikin kamu lebih pede untuk memahami kuliah.

  16. saya jg pengen masuk jurusan Teknik Informatika ITS . . tapi saya masih ragu .. apakah saya sanggup ato tidak.. oya mas.. biasanya rata2 mahasiswa tamatan TI ITS ni brp tahun mas ??? apa kesulitan di jur. TI ni mas ??

    bls ke blog saya mas..
    terima kasih

    • Yakinkan dirimu dulu. Kalo kamu memang menyukai dunia IT kuliah di sini akan terasa sangat Fun.
      Rata – rata tamatan sini 3,5 tahun – 4 tahun.

  17. makasi mas tulisannya, mas aku baru masuk tek.informatika
    kira2 sebelum masuk aku pelajarin apa dulu ya?aku masi awam banget soalnya…jadi biar bisa ngikutin kalo kuliahnya udah dimulai

    plis bales y mas, makasih

  18. ak pengen ngambil jurusan ini cuman ak ya nyadar kalo gak pinter-pinter banget soal komputer mas, yaopo kira-kira ak isa ndak ya ngikutin pelajarannya kalo nanti “misal” udah lulus SNMPTN nya ?

    • Tidak perlu pinter2 komputer amat untuk bisa masuk ke Teknik Informatika kok.. Yang penting suka dengan hal – hal yang berbau logika dan memiliki kemauan tinggi untuk belajar.. Sukses :)

  19. salam sukses kak,,,,,,,

    menurutku tenaga TI di Indoneia masih banyak di butuhkan.
    Indonesia masih membutuhkan ribuan bahkan jutaan tenaga IT. namun permasalahannya pada SDM lulusan TI banyak yang gak berkualitas, ilmu TI nya masih kurang dan PT swasta yang kadang asal2an mendirikan jur. TI sehingga mahasiswanya gak berkualitas.

    so, kita harus memerbanyak ilmu kita sendiri

    kesuksesan itu tergantung pada diri kita sendiri bukan pada jurusan kita. jurusan kedokteran pun kalo orangnya gak pinter ya sama aja…
    malah terjadi malpraktek…
    jurusan TI itu luas kok,,

    jadi buat para anak TI gak usah takut…
    success depent on your self….

  20. saya mahasiswa teknik informatika semester 2.
    gimana yaa caranya biar bisa mempelajari dan praktek mata kuliah algoritma?soalnya dari satu kelas paling yg bisa hanya 2 atau 3 orang.bukannya sy sombong,waktu SMA,matematika sy selalu kuasai.padahal kan kata mas,algoritma itu logika dan logika itu matemtika.tapi kenapa sangat sulit ya mempelajari algoritma.
    ada kisi-kisinya ga mas,biar saya suka dengan algoritma?

  21. wah…maksih bnyak nh atas saran dan informasinya…
    walupun saya masih awam tpi mungkin bisa mnjadi lebih tau kalau mempunyai keinginan belajar lebih…
    nnt saya boleh sharing2 ya mas, kalau ada yang saya belum bgtu paham… :D :)

  22. keren ms blognya, saya semakin pengen masuk IT!
    tolong dong ceritakan detailnya IT tu harus bisa apa aja, saya pengen tapi saya takut kalo pelajarannya terlalu sulit. beri saran…. (curcol 3 sma)

  23. thanks bos sarannya, soalnya 1 tahun lagi mau masuk universitas. sebenarnya sih sudah ada rencana mau masuk TI, tapi saya bingung mau kerja apa nanti. habis baca artikel ini jadi yakin mau masuk TI.

  24. .”. Blog Yg sngatt baguss n lebih meyakinkan Q..
    emm,, alhamdulillah dr Tes kemaarin Masuk di TI,,
    smoga q bisa menjadi bagian di dunia TI.. :D :D :D

    goo”goo’goo’ T.INFORMATIKA

  25. saya ingin bertanya ne …
    saya MABA di UG dari jurusan T.Informatika kelas 1
    tdie katanya tidak ada mempelajari kimia dan fisika …
    di universitas saya mempelajari kedua ilmu tersebut bahkan fisika ada lab. nya juga
    pertanyaan
    apakah nilai dari kedua tersebut berpengaruh terhadap perkuliahan saya ???
    menurut mas gimana ??

    • Di ITS tidak. Berbeda berarti. Di ITB juga masih mempelajari. Semangat dik, semua ilmu yang diajarkan pasti ada manfaatnya. Siapa tahu nanti bisa bikin program simulasi pemodelan atom. Keren kan?!

  26. Ass
    saya sekarang duduk kelas 3 MA, skrg saya masih bingung untuk masuk universitas/institut mana yg ada di indonesia? untuk jurusan saya lebih ingin ke TI, saya juga sdh search di google about TI. Nah yang jadi permasalahan kemana saya harus melangkah krn jujur saya bukan siswa yg begitu cerdas untuk mengalahkan beberapa pesaing dlm test masuk nanti
    mohon saran nya mas :)

  27. Assalamu’alaikum!
    Mas saya mau nanya nih, kebetulan saya mahasiswa semester 1 Teknik Informatika. Yang mau saya tanyakan adalah.. Apakah mahasiswa Teknik Informatika yang kurang dalam matematikanya dapat bersaing di jurusan tersebut?
    Mohon pencerahannya :)

    • Walaikumsalam :)

      Matematika merupakan dasar Ilmu Teknik, tidak kecuali Teknik Informatika. Matematika yang nantinya akan sering digunakan pada bidang Teknik Informatika adalah Matematika Diskrit, Matematika Statistik, dan Al Jabar. Yang lemah di Matematika bisa seiring berjalannya waktu diperkuat, terutama terkait logika berpikirnya. Nantinya InsyaAllah masih bisa bersaing. :)

  28. Seneng baca ini tentang prospek kerja nya itu..setelah artikel ini dibuat tahun 2009 dan sekarang 2012.. apakah menurut mas dewa ada perkembangan yg hebat tentang IT di dindonesia?

    bismillah, saya mau coba masuk ke TI.

  29. apapun jurusan nya dan dimanapun kuliahnya semuanya kembali pada diri kita sendiri . apakah kita serius belajar dengan jurusan kita.
    karena belajar terstruktur dari kampus tidak dapat juga menjamin menjadi seorang ahli dalam sebuah bidang . pelajaran yang sebenarnya adalah ketika kita dapat menggali lebih dalam apa yang kita dapat dari kampus.

  30. Saya oki. Saya Sekolah di smk. Jurusan multimedia.. kelas 3
    Begini mas dewa.. Saya mau nanya nii..
    Sebelum mas masuk jurusan IT. Adakah keraguan yang dihadapi mas dewa. Dalam memilih jurusan..apabila ada. Bagaimanakah mas menghadapi keraguan itu.
    Mungkin ini simpel bagi mas dew.. Tapi ini termasuk pebnting bagi saya..

    • Sya kira anggapan tsb kurang tepat. Karena pada kenyataanya, disamping IT masih sangat di butuhkan dalam banyak adpek lapangan kerja, tingkat kerumitan dan kualitas yang di pelajari di IT, masih jauh lebih susah, dibanding yg anda sebutkan barusan…, hanya saja, untuk menjadi pns, dokter, dll., sua kira bukan masalah gengsi, melainkan, daya serap terhadap SDM dalam skala nasional di Indonesia, cukup besar, dan tidak menutup kemungknan, bagi semua latar belakang pendidikan, dan bisa dilihat di beberapa daerah terkait.

  31. bro
    kalau anak IPS masuk TI gimana..? secara gw minat dari awal emang pengen masuk TI
    tapi katanya susah ya buat anak IPS, soalnya isinya matematika dkk…

  32. Saya dpat dengar2 matematika yang dipelajari di teknik informatika sangat susah, apalagi kalkulusnya…. Apa itu benar? Sebenarnya untuk matematika, apasaja sih yang kita pelajari di teknik infomatika? Apakah tidak jauh beda dengan matematika IPA di SMA?

  33. mas , saya kan baru mau masuk jurusaan IT nie tahun 2013 ini di PTN :)
    kira-kira hal yang sulit dalam jurusan IT apa ya mas ?
    dan bukanya IT itu lebih unggul di pelajaran matmatika bukan mas ?

  34. Pingback: Mengapa harus memilih tekinik informatika | hendraehen2

  35. Pingback: putriprima13

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s