Peran Alumni ITS dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di ITS

“Bagai Gatotkaca yang keluar dari kawah Candradimuka”. Kalimat tersebut menganalogikan para mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di ITS. Mereka mendapat sebutan baru, yakni alumni ITS. Bagi almamater, peran alumni sangat dibutuhkan. Meskipun sudah meninggalkan kampus, alumni seharusnya tetap berperan aktif dalam peningkatan kualitas Perguruan Tinggi.

Banyak cara yang ditempuh untuk meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi. Sebagai representator, alumni dapat mengharumkan citra almamaternya di mata publik. Semakin banyak prestasi yang diraih alumni ITS, semakin baik pula citra ITS dalam mencetak kader-kader terbaik bangsa. Oleh karena itu, alumni ITS wajib memberikan performa terbaik di bidangnya masing-masing.

Di samping itu, diharapkan semangat social control, agent of change, iron stock, dan moral force tetap terjaga dalam sanubari alumni ITS. Solusi cerdas dari permasalahan-permasalahan bangsa seharusnya dicetuskan oleh para kader terbaik ITS. Terlebih lagi ITS sebagai salah satu Institut Teknologi terbesar di Indonesia, buah pemikiran dan karya lulusannya kerap dinanti oleh masyarakat.

Cara lain dalam peningkatan kualitas adalah menjadi pembimbing. Masih teringat ketika masa pengaderan dahulu, senior membimbing yunior dengan berbagai cara. Alangkah mulianya jika kepedulian itu tetap diberikan alumni kepada adik-adik mahasiswanya. Alumni harusnya turut membimbing mahasiswa, khususnya dalam aspek kesiapan pascakampus.

Peran lain yang dapat diberikan alumni adalah sebagai mediator antara dunia kampus dan industri. Kebanyakan mahasiswa belum memahami apa yang dibutuhkan dalam menghadapi dunia pascakampus. Sebagai praktisi, alumni bisa memberi gambaran mengenai dunia kerja dan persiapannya. Diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan masa kuliah sebagai persiapan pascakampus mereka. Peran sebagai mediator lainnya dapat berupa pemberian rekomendasi beberapa mahasiswa yang berprestasi kepada perusahaan-perusahaan besar yang sesuai. Dengan demikian, terdapat simbiosis mutualisme antara dunia pendidikan dan dunia industri.

Salah satu masalah di dunia pendidikan adalah kurang sinkronnya penelitian dengan permasalahan di dunia industri. Beberapa penelitian cenderung melangit, namun terkadang kurang sesuai dan sulit diterapkan di dunia industri. Sebagai praktisi di dunia industri, alumni dapat menyelaraskan keduanya. Harapannya, topik yang diteliti dalam dunia pendidikan berlandaskan permasalahan di dunia industri. Selanjutnya, alumni dapat memberi rekomendasi kepada pihak yang terkait agar hasil penelitian dapat benar-benar direalisasikan.

Ikatan Alumni (IKA) ITS sudah berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan di ITS, baik dari segi pembangunan citra positif ataupun peningkatan kualitas mahasiswa. Selain memberi beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, IKA ITS juga mengadakan beberapa seminar yang mendatangkan tokoh alumni yang inspiratif. Saat ini, IKA ITS juga menyediakan sejumlah dana hibah sebagai bantuan biaya penelitian mahasiswa.

Untuk selanjutnya, IKA ITS dapat memberikan rekomendasi bagi para mahasiswa berprestasi kepada perusahaan yang sesuai. Rekomendasi bisa diberikan pada saat mahasiswa melaksanakan Kerja Praktek atau saat terdapat lowongan pekerjaan. Dalam hal ini, IKA ITS bisa bekerja sama dengan Student Advisory Center (SAC) ITS. Sebagai mediator, IKA ITS diharapkan meningkatkan kerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITS. Proyek-proyek penelitian LPPM yang bidang industri seharusnya melibatkan peran alumni sebagai mediator. Dengan demikian, terbentuk sinergisitas antara dunia pendidikan dan dunia industri di Indonesia. (/dew).

2 thoughts on “Peran Alumni ITS dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di ITS

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s