Seperti Apa kuliah di Teknik Informatika ITS ??

Sebelumnya teman – teman wajib membaca alasan mengapa memilih untuk kuliah di Teknik Informatika.. Mohon klik link berikut :

https://dewa18.wordpress.com/2009/04/06/mengapa-memilih-kuliah-di-teknik-informatika/

Wah.. Bangga rasanya bisa kuliah di ITS.. Apalagi di jurusan paling bergengsi dan yang mempunyai passing grade tertinggi se-ITS, jurusan Teknik Informatika (atau lebih akrabnya disebut TC). Memang benar kata orang-orang bahwa untuk masuk ke ITS itu mudah, itu hanya masuk ke lahannya saja. Beda dengan masuk untuk menjadi mahasiswa ITS. Wuih.. seleksinya ketat banget.

Aku sendiri sebenarnya sudah diterima di beberapa Universitas Negeri dan Swasta lainnya tetapi harus rela melepaskan demi menjadi mahasiswa T. Informatika ITS. Hal yang sangat mendasar yang menjadi pertimbanganku saat itu adalah hobby dan minatku yang mengarah ke pengetahuan tentang Teknologi dan Informasi.

Tidak terlalu membangga-banggakan lagi, langsung saja, di artikel ini saya mau berbagi bagaimana rasanya menjadi Mahasiswa Teknik Informatika ITS. Artikel ini mungkin bisa membantu memberikan referensi bagi teman-teman yang masih menduduki bangku SMA atau yang ingin mengambil jurusan Teknik Informatika.

Baik, Teknik Informatika sebenarnya merupakan jurusan yang paling menyenangkan bagi saya. Mengapa ?? Karena pada jurusan ini saya tidak bertemu dengan pelajaran – pelajaran yang saya benci pada waktu saya belajar di tingkat pendidikan sebelumnya. Di sini mutlak mempelajari bidang yang saya sangat minati.

Memang benar sih, pendapat dari beberapa orang bahwa untuk dapat belajar di suatu jurusan di Perguruan Tinggi tidak diperlukan modal ilmu tentang jurusan tersebut. Karena sistem pendidikan di Indonesia mengharuskan adanya tes umum masuk perguruan tinggi (SNMPTN) yang tidak membahas mengenai pelajaran jurusan yang dituju sama sekali. Jadi, tidak semua orang yang pintar mata pelajaran jurusan yang dituju bisa masuk ke jurusan tersebut. Akan tetapi semua orang yang menguasai mata pelajaran yang di-SNMPTN-kan akan bisa masuk jurusan-jurusan yang mungkin dia tidak tahu sama sekali,

Saya pribadi tidak setuju dengan pendapat seperti itu. Ketidaksetujuan saya didasari oleh pengalaman beberapa teman sejurusan saya yang kesulitan untuk mengikuti mata kuliah jurusan karena tidak mempunyai dasar / modal pengetahuan jurusan yang cukup.

Misal cerita  : Si X tidak bisa komputer sama sekali. Janganpun bahasa pemrogaman, Komputer pun ia tidak pernah mengoperasikan (wah jangan sampai seperti ini deh, teman2). Akan tetapi, dia sangat rajin dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tes masuk perguruan tinggi. Dia sebenarnya bimbang akan pilihannya. Di masa SMA, dia bercita-cita untuk kuliah di Teknik di ITS. Dia pun menggali informasi jurusan Teknik mana yang mempunyai pasing grade tertinggi dan katanya bisa memenuhi semua kebutuhan di dunia kerja. Dia pun mendapatkan jawaban, ITS Teknik Informatika. Berdasar pengetahuan yang sangat sedikit mengenai T. Informatika itu, ia menjadikan T. Informatika sebagai pilihan pertama dalam ujian masuk perguruan tinggi. Saat pengumuman dia pun lolos. Namun, apa yang terjadi saat kuliah Pemrogaman Terstruktur, dia pun kacau untuk mengikutinya. Dia kalah dengan teman-temannya yang telah mempersiapkan pengetahuan jurusan sebelumnya.

Oleh karena itu, pengetahuan mengenai jurusan yang akan kita tuju sebenarnya sangat perlu kita pelajari sebelum kita memasuki perkuliahan pada jurusan tersebut.

Pada semester 1 di jurusan T. Informatika ITS, terdapat 2 buah praktikum dengan masing – masing 1 SKS. Tidak lain adalah : Praktikum Pemrogaman Terstruktur dan Praktikum Sistem Digital. Kedua praktikum ini berjalan bersama-sama sehingga bukan tidak mungkin jika jadwal keduanya bentrok.

Kedua praktikum ini menggunakan sistem modul, yaitu dengan mengeluarkan modul wajib dan harus sudah dikerjakan dan dikumpulkan dalam bentuk laporan kepada asisten masing-masing kelompok sebelum asistensi pertama, dan menggunakan sistem penilaian nondosen (oleh asisten masing2). Asistensi merupakan proses belajar-mengajar yang dilakukan oleh Senior dan Junior dan tidak akan melibatkan dosen siapapun. Yang menjadi asisten biasanya adalah kakak-kakak senior 1-2 tahun di atas kami. Mereka pun yang berkuasa memegang nilai praktikum kami. Kemudian, setelah seminggu dikeluarkannya modul wajib atau setelah 2 atau lebih kali asistensi, praktikum pun dilaksanakan secara serentak. Pada praktikum Pemrogaman terstrukutur, satu angkatan akan dibagi dalam 5 shift yang mungkin akan dilaksanakan dalam 2 hari. Pada praktikum sistem digital, jadwal praktikum tiap kelompok di acak. Jika praktikan gagak dalam praktikum, praktikan wajib menemui asisten untuk melakukan revisi atau pengulangan. Satu modul harus ditutup dengan pengumpulan Laporan Resmi

Nah, fenomena tersebut merupakan hal yang baru bagi saya. Awalnya saya tidak terbiasa dengan kegiatan yang supersibuk seperti itu. Kita dituntut untuk menjadi profesional layaknya di dunia kerja. Kita dituntut untuk memanage waktu dengan sebaik-baiknya. Jika tidak, kita tidak akan survive selama belajar di Teknik Informatika.

Secara garis besar, kuliah di Teknik Informatika itu :

SENANG
Hal ini pastilah dirasakan tiap mahasiswa yang dapat diterima di jurusan yang dituju. Kuliah di Teknik Informatika ITS menerut saya juga sangat menyenangkan. Banyak suasana – suasana gembira yang saya dapat di sini. Mulai dari OSPEK yang sangat menyenangkan, teman – teman yang menyenangkan, hingga banyak kejadian – kejadian seru yang tidak kalah menggembirakan.

SIBUK
Jangan kaget jika sudah mulai memasuki semester pertama pada jurusan Teknik Informatika. Banyak tugas dan praktikum yang pasti mengejarmu. Sesibuk apapun maba dari jurusan lain, saya yakin Teknik Informatika lah jurusan yang paling “menyibukkan” mabanya.

AKRAB dan ADAPTIF
Percaya atau tidak bahwa tidak satu pun mahasiswa dapat survive kuliah di Teknik Informatika selama 4tahun jika ia tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan Teknik Informatika ITS. Kami mahasiswa baru Teknik Informatika ITS dituntut untuk mengompakkan angkatan sebelum terjun ke perkuliahan. Hal itu terbukti pada saat tugas – tugas berat melanda. Kami bisa saling memberikan sumbangsi untuk menyelesaikan tugas bersama. Selain itu, di Teknik Informatika ITS, latar belakang Mahasiswa berbeda-beda. Jadi, secara tidak langsung kita dapat lebih adaptif dengan watak teman – teman baru kita.

Seru banget kan, kuliah di Teknik Informatika ITS.?!. Mau tahu secara detail tentang bagaimana rasa sebenarnya kuliah di Teknik Informatika ITS?? He3.. makanya belajar yang giat dunk,, agar bisa lolos SNMPTN 2009 / 2010 ntar pasti bisa merasakan suasana layaknya dunia kerja..

70 thoughts on “Seperti Apa kuliah di Teknik Informatika ITS ??

  1. wa…blognya bagus banget n edukatif. terus berkarya teman !!! sedikit saran, kamu kurang promosiin blog mu, ya q tau lah gimana rasanya kuliah di TC kok. ya klo da waktu kamu sempet2in bwat promosiin blogmu. sayang bgt, cz content nya cukup bagus…ok teman

    SEMANGAT VIVAT TC !!!

  2. asik nih si dewa bikin blognya ^^
    keren,, ;)

  3. Wow,,, ternyata kamu jozz jg ngeblog w’.. bner2 Masternye TC 08..,, asyi’2…

    Keep moving forward bro…

  4. Blogmu bagus…bagus Wa. Bravo !! Hanya perlu sedikit polesan agar lebih eyes catchy gitu looh. Sediakan energi ekstra untuk selalu meng up-date. Membuat apa saja itu biasa, tapi yang luar biasa adalah merawat dan mengembangkannya, ee.. siapa tahu bisa membuat breakthrough (terobosan) IT, waaoow man. Tentu saja skulmu should be No.1. Go a head, your way is long long journey man !!!!

  5. assalamu’alaikum
    mas, Yaopo kabare..?
    aku harditya arek smansasoo, SCS jg. aku pny cita2 kl kuliah sesuk di ftif ITS masuk lewat jalur spmb. aq mau tnya
    kira2 test snmptn-nya sesulit ap? trus apa ad soal yang berhubungan dgn algoritma, bhs prmgman dll? yg trakhir, kl punya prestasi olimpiade bs dipake dftar pmdk?
    thx mas… doain bs nyusul sampeyan

  6. assalamualaikum…….

    thank’z mas info nya, semoga bermanfaat bagi saya….
    tapi klihatannya saya lebih condong ke elektro.
    seperti halnya di informatika, apakah di jurusan itu kita juga harus menguasai bhs pemrograman ?

    saya tidak bisa sma sekali bhs itu, tapi saya mulai mempelajarinya,
    mungkin mas dewa punya tips, saya sebaikanya bljr bhs pemrograman apa dulu ?

  7. trima kasih uda di reply,
    aku sbenarx jga msh bingung maz, ortu ku lebih saranin ke TI dripda ke T.elektro……….
    maz dewa klu Dlu ikt kmitraan y ? aku kliatannya jga mau ikut program itu. kmitraan kn ntar ada test, maz dewa dlu test nya gMna ? sulit2 kah soalnya. . . .

    oia maz, download stuff Perbandingan lulsan T. Informatika / SI dengan lulusan Teknik2 lainnya & download Indonesian Sallary Guide-nya dMna ? d blog nya maz dewa ta ??…..

  8. huuuaaa
    kayak gituu yaa?
    cita-citaku tuh pengen masuk TC

    susah?
    harus bisa dasar2 teknologi dan informasi?
    disana kalo smt awal2 ada pelajaran matematika, fisika, kimia dsb dsb?
    aku pengen ketemu pelajaran itu,,
    hhe
    walopun masi kelas X
    aku tetep berjuang masuk sana
    kira2 dua tahun lagi bakal susah banget ya?

    balas,balas.
    thanks

    fs : lovepink992yahoo.com
    fb : echa_aiaz@yahoo.com

  9. enaknya lg,,di TC gk dapet Fisdas II..curang.. padahal TC kan butuh banget tu pelajarn tentang listrik,magnet,arus dll.. malah jurusanku yg gk mempelajari listrik dapet Fisdas II.. payah..

    • Kata siapa TC butuh Fisdas 2?? Kalo bikin program paling cuma pake hukum newton-nya Fisdas 1. T. Informatika gak mempelajari listrik kok.

  10. Saya sudah bekerja, tapi pingin banget kuliah disana…

    :)

  11. Teman – teman yang pingin tahu alasan – alasan kuliah di Teknik Informatika.. silakan masuk link ini :

    https://dewa18.wordpress.com/2009/04/06/mengapa-memilih-kuliah-di-teknik-informatika/

  12. aku gk keterimo brow, dalan po ae seng iso di gae masok rono??? o, iyo. blogke jenengan apwik brow…

    • @rosyib :
      Sabar brow.. kamu daftar SNMPTN memilih T. Informatika ITS kah??
      Sebenarnya jalur untuk masuk T. Informatika ITS ada banyak. Bisa melalui PMDK Mandiri, PMDK Kemitraan, PMDK Khusus Wilayah Madura, PMDK Prestasi, atau PMDK Beasiswa. Kalau di angkatan saya, mahasiswa yang masuk melalui jalur tersebut banyaknya sekitar 60%an. Sisanya masuk lewat SNMPTN.
      SNMPTN merupakan jalur yang dilaksanakan paling akhir jika dibandingkan beberapa jalur lainya. Jadi, kalau kamu gagalnya di SNMPTN, kamu tidak bisa masuk untuk tahun ini.

      Kan, masih banyak lagi jurusan IT di ITS. Kalau aku saranin sih D4 Teknologi Informasinya PENS ITS bro.. Seleksinya ada yang setelah SNMPTN kok.

      Semoga membantu..

  13. saya pengen banget masuk TI informatika nya ITS, saya mau nyoba yang taun 2010..
    Yang taun depan kira kira lebih susah gak ya?
    Pengen nyoba PKM Mandiri dan SNMPTN nya. Oia minta trik n tips nya doong biar bisa ditErima di teknik ITS.

    Doakan saya bisa nyusul kesitu yaak.

    fs/fb/ym: ahdan@ymail.com

  14. oya ka’ q mo tx….ap skrng.jurusan teknik ad pmdkx g………..
    trs mta peljarn ap aj yg di tes…..

  15. ka’lo ambl tessn ….yg di tes mt pelajarnx ap aj trs
    lo jurusan teknik ad g pmdkx……..

    • Kalo mau ambil jalur SNMPTN, ya semua mata pelajaran yang di-SNMPTN-kan itu yang keluar.
      Kalo di Teknik Informatika ITS cuma menerima PMDK Mandiri, Kemitraan, dan Prestasi aja Bro..
      Keterangan lebih lanjut, monggo mampir ke its.ac.id

  16. saya kls 3 sma, pngen msuk TC ITS, tp saya blm bsa bhs pmrograman apapun, kmampuan komp msh standar,
    apa nantix akn berat seandaix msuk sana?

    tlng jwb y kak :)

    • tidak sama sekali. 90% mahasiswa baru Teknik Informatika ITS memang belum punya bekal bahasa Pemrograman sama sekali dari SMA-nya. Semua akan dimulia dari 0 kok. Tenang aja.

  17. salam perkenalan..

    saya merupakan pelajar smk negeri. kebetulan selama ini saya menggeluti bidang TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). setelah lulus nanti saya ingin bisa masuk TC ITS. saya mengikuti lomba LKS Se-Jatim 2010 yang akan di laksanakan pada april 2010 nanti di ponorogo. dan selama ini saya belum pernah mendapat prestasi. kalu pmdk raport saya jika dirata-rata = 7.5 ..
    maka dari itu ada solusi / jalan alernatif dari anda untuk saya mesuk ke TC ITS… ? Thanks

  18. akku udh diterima di TI ITS 2010 ka, insya Allah diambil..
    boleh minta wejangan ga ka, apa aja yg perlu dipersiapkan sebelum masuk kesana?
    dari segi materi, ilmu, dll.

    terima kasih ka.

    • Iya, silakan. Saya dan teman – teman saya pasti peduli dan selalu memberi wejangan kok. Namun, ada sesuatu yang lebih essential daripada persiapan materi, yakni proses pengenalan lingkungan baru. Banyak – banyak mencari teman, pedulilah terhadap angkatan, dan selalu aktif di acara – acara angkatan. Yang menologmu pertama kali bukan kami, akan tetapi teman – teman seangkatanmu itu. Semangat kuliah di T. Informatika dik. Jangan sampai menjadi manusia yang tidak peduli dengan lingkungan, karena lingkunganlah yang menjadikan kami bertahan dan berprestasi di sini (T. Informatika ITS, red). :)

  19. mas. tks ats infony.?

    mas mata plajaran yang pling dominan d jurusan ti tu apa.?

    mhn blesannya.?
    tks so much be4.

    • Maaf baru sempat membalas. Mata pelajaran yang dominan dipelajari di T. Informatika adalah matematika logika. Saat semester 5 terdapat penjurusan dengan tiga bidang minat yakni, Rekayasa Perangkat Lunak, Komputasi Cerdas Visual, dan Net-Centric Computing (Jaringan Komputer). Matematika logika dipelajari di seluruh bidang minat itu.

  20. kalo dari sma swasta gimana cara masuk ke its informatika (apakah beda dengan yang negeri ya!)

  21. wauw . .. .
    kren bgt ne bLog. . . .
    kapan kapan sharing Lag ya tentang ITS nya ….
    :)

  22. mas…….aq gk punya dasar pemograman, cuman bisa utak – atik corel, office, photoshop, dll. aq pengen masuk teknik informatika its. apa bisa????
    kata guruku, klo uda diterima di TI ITS tugas pertama itu buat software, buat game. betul ta??

    • Tahun pertama kuliah di Teknik Informatika ITS ditekankan pada penguasaan logika pemrograman dasar. Paling – paling logika pemrograman C++ dan Java. Jika membuat game-pun itu bukan merupakan tugas game yang rumit. Tenang aja. Menyenangkan kok :))

  23. mohon jawabannya kak.
    kalo seandainya anak jurusan IPS bisa gak masuk TI ITS ??
    lalu sebaiknya lewat jalur apa ??
    terima kasih kak..

    • Sepengetahuan saya, bisa. Namun jurusan – jurusan tertentu. Yang jelas Teknik Informatika tidak bisa, mungkin bisa masuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatika.

  24. dimas riskahadi

    Mas, klo masuk ITS itu harus tahu INFORMATIKA secara detail ?. Aku anak kelas 12 yang mau ikut snmptn. KLo punya kemampuan rata-rata ? bisa adaptasi ngak ? Mohon bantuan infonya

    • Jawaban saya adalah TIDAK.
      Tidak dibutuhkan kemampuan Informatika secara mendetail. Karena pada dasarnya semua akan dipelajari mulai dasar di sini. Dengan demikian yang dibutuhkan hanya motivasi dan kemauan kuat untuk belajar. :)

  25. perkenalkan saya maba di TC ITS
    kira2 ada tidak buku yang bisa direferensikan untuk mahasiswa baru teknik informatika ITS ?
    mohon infonya terima kasih

  26. yang harus di pljari buat msuk di T.informatika pa ja ya mz??

    • yang dipelajari simple dik,,
      ya seluruh pelajaran yang ditest untuk masuk sini..
      kalo pake jalur SNMPTN ya seluruh pelajaran yang dites di SNMPTN..

      gak usah belajar programming dulu. fokus tes masuk aja :)

    • Kalo agar masuk sih pelajaran snmptn aja. Kalo sudah masuk untuk persiapannya biasanya pemrograman dasar.

  27. Nice info Mas..
    Tapi saya masih bingung antara pilih T.Informatika dan S.Informasi..
    Mohon pencerahannya Mas senior :D

    Terima kasih..

    my blogdiary : http://remaja-belia.blogspot.com

  28. Mas, misalkan setelah lulus SNMPTN, yang dnilai dlam masuk jurusan T.Informatika ITS itu apa?

    • None. It’s just all of your logic capability. Most of Informatics stuffs are about your logic and mathematical capabilities :)

  29. Mas, misalkan setelah lulus SNMPTN, yang dnilai dlam masuk jurusan T.Informatika ITS itu apa?
    Mohon infonya. Terima kasih mas

  30. setelah SNMPTN, berdasarkan penilaian apa saja untk masuk T.Informatika di ITS?? mohon infonya mas… terimakasih….

  31. dan bagaimana info untuk ITS dan SNMPTN 2012 dan info T.Informatikanya mas/?? terima kasih

  32. wah blognya bagus mas :D

  33. kk susah ga sih sebenernya masuk Teknik Informatika ITS itu?

  34. salam kenal mastah, saya siswa tc baru tahun 2012.. Kalu boleh saya ingin bertanya mengenai TC lebih mendalam…

    Minta FB nya mastah…
    Trimakasi

  35. mauu nanyaa dongg…klo mau plajarin contoh2 soal buat tes jurusan t.informtika kira2 nyarinyayang gmpang apa yaa ??slnya mau tes nihhh….

  36. mantap gan..sya juga pilh fakultas teknik informatika..thanks gan

  37. Hidup TC

  38. mas dewa katanya di TI di pelajari dari dasar ? trus knapa dri jrusan IPS ga bsa masuk ke TI ?

  39. Makasi banyak info’nya mas
    lagi galau ini soalnya :D

  40. Mantap blognya & thanks info nya :)

    mau tanya , Matapelajaran apa yang diujikan pada saat ujian masuk ?

  41. kak mau tanya kalo rata-rata rapor dari semester 1-5 83 kemungkinan bisa masuk its jurusan informatika???

  42. ajaws crazzy boyzz

    Blognya bagus banget sob ,, bermanfaat bagt bwt gua yank kbingungan nyari jurusan ,, eh tp ♏âů°˚˚˚° nanya ni kalo TI ngitungnya sulit banget ga??? Soalnya aga lemah dikit dalam matematik “̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ.

  43. makasih infonya yaa. berguna banget nih buat aku yang kepengen masuk T.Informatika ITS

  44. saya pengen banget kulyah di its.
    mdh2n tahun 2014-2015 saya diterima disana.
    amin,,.

  45. apa aja ya yg hrus d persiapkan untuk masuk ke TC, misalnya mata pelajaran SMA apa, atau hal” lain yg berhubungan degan masuk ke TC dan saat menjadi mahasiswa TC

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s