Pendahuluan Sistem Operasi – Sistem Komputer

Kali ini saya mengisi blog saya dengan sedikit materi tentang Sistem Operasi. Namun, sebelum membahas sistem operasi, terlebih dahulu akan saya bahas tentang sistem komputer.

Sistem komputer dapat dibagi menjadi empat komponen, yaitu:

1. Hardware – Menyediakan sumber daya dasar komputer. Misalnya CPU, Memori, I/O Device…

2. Sistem Operasi – Mengontrol dan mengkoordinasi penggunaan hardware diantara berbagai aplilkasi dan user.

3. Program-program aplikasi – Mendefinisikan cara dimana sumber daya sistem digunakan untuk memecahkan masalah penghitungan (computing) user. Contohnya Word Processors, sistem database, Compilers…

4. User-user – Manusia, Mesin atau komputer lain.

Untuk lebih memahami tentang sistem operasi, di bawah ini akan dibahas sisi pandang user dan sistem terhadap sistem operasi.

Sisi Pandang User

User adalah orang yang duduk didepan komputer, melihat monitor, mengoperasikan keyboard, mouse dan sistem. Dalam hal ini sistem operasi didesain untuk user dapat memonopoli sumber daya komputer dengan tujuan memaksimalkan pekerjaan serta meningkatkan kinerja user dan mudah untuk digunakan.

Dalam kasus lain seorang user duduk di depan terminal sedangkan user lain berada di terminal yang berbeda. Setiap terminal tersebut terhubung dengan satu komputer mainframe atau minicomputer. Sehingga user-user ini saling berbagi sumber daya dari satu komputer tersebut. Dalam hal ini sistem operasi didesain untuk dapat memaksimalkan penggunaan sumber daya (resource) dan menjamin CPU, memori dan peralatan I/O yang tersedia digunakan lebih efisien dan tidak ada seorang pengguna melebihi dari yang sebaiknya digunakan.

Sisi Pandang Sistem

Sistem operasi adalah pengalokasi sumber daya (resource) yang menjadi pengatur dalam pembagian pelayanan sumber daya sehingga tidak terjadi konflik diantaranya. Sistem operasi juga harus memutuskan bagaimana mengalokasikan spesifikasi program dan user sehingga mereka dapat mengoperasikan komputer lebih efisien dan baik. Sistem operasi adalah pengontrol program yang mengatur eksekusi program untuk mencegah terjadinya kesalahan dan ketidaklayakan penggunaan komputer.

Definisi Sistem Operasi

Sistem Operasi muncul dengan alasan sebagai cara agar sistem penghitungan (computing) lebih berdaya guna. Tujuan dasar dari sistem komputer adalah meng-eksekusi program dan memecahkan permasalahan user lebih mudah. Definisi umum lain dari sistem operasi adalah suatu program yang berjalan setiap waktu dalam komputer (disebut kernel) dengan semua program sistem dan aplikasinya.

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s