KPK Di Ujung Tanduk? Mencari Jawaban Masa Depan Pemberantasan Korupsi di Indonesia

Oleh : Sudjanarko (Direktur Jaringan Kerja KPK) dan Bambang Widjojanto
disampaikan pada Inspiring Leadership Talk 2011

image“Saya rasa bukan diujung tanduk melainkan di ujung jurang,” jelas pak Bambang dalam mengawali diskusi panel KPK itu. Beliau menjelaskan apa saja yang dilakukan dan seharusnya dilakukan KPK dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas KKN. Beliau juga memaparkan bukti – bukti dalam bentuk foto penangkapan tersangka KPK.

Diskusi panel berjalan hangat. Kedua pembicara saling melengkapi dalam menjelaskan strategi pemberantasan korupsi dan hambatan – hambatan yang terjadi dalam usaha pemberantasan korupsi tersebut. Ditambah juga penanya yang melontarkan pertanyaan – pertanyaan kritis dan bersifat kekinian kepada kedua pembicara.

Setidaknya terdapat lima hal yang digarisbawahi KPK dalam diskusi kali ini. Hal – hal tersebut antara lain:

· Perlu adanya Roadmap

Strategi pemberantasan korupsi akan nihil jika tidak terdapat roadmap yang jelas yang berisi apa saja yang akan dilakukan untuk merealisasikan strategi ini.

· Perubahan Paradigma Pemberantasan Korupsi menjadi Gerakan Sosial

Sampai saat ini masyarakat Indonesia belum sadar bahwasanya pemberantasan korupsi seharusnya sudah termindset sebagai gerakan sosial yang menjadi tanggung jawab bersama.

· Perubahan metode investigasi dari conventional ke modern

KPK menjelaskan metode – metode dalam melakukan investigasi tersangka korupsi. Salah satu bahasan adalah kontroversi akan boleh tidaknya penyadapan saluran telepon.

· Membuat prioritas pemberantasan korupsi

Dibutuhkan manajemen prioritas dalam memberantas korupsi. Oleh karena itu, KPK selalu membidik koruptor kelas kakap, agar kelas – kelas teri yang bersinggungan langsung dengannya bisa tertangkap juga.

· Pengabdian kepada Allah swt.

Penekanan bahwasanya kinerja pemberantasan korupsi tidak lain diniatkan untuk mencari ridla Allah semata. Jika tidak, maka akan banyak sekali godaan dalam menegakkan kebenaran anti-korupsi tersebut.

Semoga KPK mampu melakukan akselerasi usaha pemberantasan korupsi di Indonesia. Yang terpenting, semoga seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, sadar akan bahayanya korupsi dan tanggung jawab pemberantasan korupsi sejak dini.

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s