Peran Pemuda Meretas Jalan Kebangkitan Indonesia

Oleh : Jusuf Kalla
disampaikan pada Inspiring Leadership Talk 2011

imageBangsa Indonesia sudah lelah dilanda masalah multidimensional. Baik dari segi politik, moral, ekonomi, pendidikan, ataupun hankam. Berbeda dengan apa yang dikoar – koarkan oleh media dewasa ini, bahwasanya yang menjadi masalah utama dari permasalahan multidimensional bangsa adalah masalah politik di Indonesia. Pak Jusuf Kalla menegaskan bahwa masalah yang paling fundamental adalah masalah perekonomian bangsa. Oleh karena itu, perbaiki dulu perekonomian bangsa, jika ingin bangsa ini bangkit.

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya uang merupakan kebutuhan mendasar setiap individu. Kita makan dengan uang, kita belajar dengan uang, dll. Manusia yang terpenuhi kebutuhan dasarnya adalah manusia yang memiliki uang yang cukup bagi kebutuhan dirinya. Begitu juga dengan negara. Negara yang mandiri adalah negara yang memiliki sistem permatauangan, atau umumnya sistem perekonomian, yang kokoh dan tidak tergantung dengan negara lain.

Salah satu usaha untuk memperbaiki kebobrokan masalah ekonomi bangsa adalah dengan menjadikan bangsa merdeka finansial. Kongkretnya adalah diperbanyaknya pengusaha – pengusaha dalam negeri yang diharapkan bisa mencukupi jumlah tenaga kerja dalam negeri. Dengan banyaknya pengusaha dalam negeri, kita secara perlahan mampu melepaskan ketergantungan kita terhadap perusahaan luar negeri. Secara otomatis, perkonomian Indonesia juga akan mandiri.

Negara Indonesia telah kehilangan kepercayaandirinya untuk membangun negaranya secara mandiri. Contoh sederhana, apabila kita melihat orang asing, secara mindset dasar, kita akan membayangkan bahwa gaji mereka akan lebih besar daripada gaji kita. Padahal dalam segi kemampuan sebenarnya sama dengan masyarakat Indonesia. Salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri bangsa yang telah dilakukan oleh Pak Jusuf Kalla adalah pembangunan bandara di Sulawesi yang seluruhnya dilakukan oleh tim ahli dari Indonesia. Ternyata hasilnya sama, bahkan dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Pertumbuhan ekonomi erat kaitannya dengan pertumbuhan IPTEK. Apabila Indonesia ingin menjadi negara maju haruslah ekonominya baik dan IPTEK dikuasai. Karena membangun ekonomi tanpa IPTEK berarti menghilangkan nilai efektifitas dan efisiensi dalam pembangunan tersebut. IPTEK dapat dibangun jika dan hanya jika pendidikan terbangun dengan baik. Tanpa pendidikan yang baik mustahil IPTEK berkembang disuatu Negara. Oleh karena itu, membangun pendidikan menjadi prioritas utama yang kemudian melahirkan ahli-ahli yang mengembangkan IPTEK di negerinya sendiri.

Semoga dengan memiliki optimisme, kepercayadirian, dan IPTEK yang berkembang pesat, perbaikan Ekonomi Indonesia dapat secara bertahap dilakukan.

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s