Transport Layer : Transport Service

Pendahuluan

clip_image002

Gambar 1. Lapisan Model OSI pada Jaringan Komputer

Lapisan transport dan lapisan network mengambil perananan penting dalam konsep lapisan OSI pada transmisi data. Lapisan ini merupakan intisari dari hirarki protokol jaringan. Network layer berperan untuk untuk menyediakan pengiriman paket secara end-to-end dengan menggunakan datagram dan lintasan virtual. Lapisan transport berperan untuk membangun lapisan network untuk dapat mentransfer data dari proses sumber ke proses tujuan. Pengiriman itu disesuaikan dengan level keandalan tertentu dan bersifat independen terhadap lapisan network yang sedang digunakan. Tanpa adanya lapisan transport, konsep keseluruhan dari protokol akan kurang berarti.


Transport Service

Transport service merupakan service yang disediakan sebuah protokol untuk mendukung fungsionalitas dari lapisan transport secara keseluruhan. Contoh dari service pada lapisan transport antara lain : connection-oriented data stream support, reliability, flow control, dan multiplexing.

Service yang Disediakan untuk Lapisan Atas

Pada hakekatnya, gol utama dari lapisan transport adalah untuk meningkatkan efisiensi, keandalan, efektifitas pengiriman data. Untuk mencapai gol tersebut, lapisan transport memanfaatkan service yang disediakan oleh lapisan network.

Entitas transport, hardware atau software yang berada antara lapisan transport dan lapisan network, terdapat pada kernel sistem operasi. Secara detail, lapisan transport dihubungkan dengan lapisan network dan lapisan aplikasi digambarkan sebagai berikut:

clip_image004

Gambar 2. Hubungan antara lapisan transport, network, dan aplikasi

Ada dua tipe network service : connection-oriented and connectionless. Pada transport service, juga terdapat dua tipe : The connection-oriented transport service yang mirip dengan connection-oriented network service; dan connectionless transport service yang mirip dengan connectionless network service.

Perbedaan kedua service adalah pada lokasi kerjanya. Service pada lapisan transport dijalankan di dalam mesin pengguna, sedangkan service pada lapisan network dijalankan pada router yang dioperasikan oleh carrier.

Suatu masalah akan terjadi karena pengguna tidak memiliki kontrol pada seluruh lapisan. Jaringan. Pengguna tidak dapat menyelesaikan masalah perihal service yang kurang bagus dengan menggunakan router yang lebih bagus atau dengan meletakkan beberapa penanganan kerusakan (error handling) pada lapisan data link. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mempunyai hak milik pada router. Satu – satunya hal yang mungkin adalah meletakkan pada lapisan network yang paling atas atau lapisan lain yang meningkatkan kualitas service.

Jika dalam connectionless network paket – paket hilang atau hancur, entitas transport dapat mendeteksi masalah dan memberikan kompensasi dengan melakukan transmisi ulang. Jika hal itu terjadi pada connection-oriented network, entitas transport akan diinformasikan bahwa konseksi jaringan telah dihentikan secara tiba – tiba. Kemudian akan dibuat lapisan network baru untuk menjalankan entitas transport dari jauh. Dengan menggunakan koneksi network yang baru, akan dapat dikirimkan sebuah query untuk memperoleh informasi data mana yang sudah tiba dan yang belum, mengetahui di mana paket tersebut diambil dan dijatuhkan.

Keberadaan lapisan transport memungkinkan transport service lebih handal daripada pada lapisan network yang mendasar. Lebih jauh lagi, lapisan transport primitif dapat diimplementasikan dengan menggunakan prosedur untuk membuatnya independen terhadap lapisan network primitif. Network service bisa sangat bervariasi pada jaringan – jaringan yang berbeda. Dengan adanya lapisan transport, seorang programmer akan dapat membuat code program sesuai dengan standar primitif dan program yang dibuatnya dapat berjalan pada jaringan yang bervariasi.

Transport Service Primitif

Untuk menjadikan pengguna dapat mengakses transport service, lapisan transport harus menyediakan beberapa operasi pada program aplikasi yang merupakan transport service interface. Tiap transport service memiliki interface-nya masing – masing.

Idealnya sebuah connection-oriented transport sangat handal. Namun, pada faktanya, jaringan tidak 100% bebas dari error. Hal ini merupakan tugas utama dari lapisan transport untuk menjadikannya handal dengan menyediakan service yang handal pula.

Sebagai contoh, anggap saja ada dua proses pada koneksi mesin single yang dihubungkan dengan pipa UNIX. Dianggap koneksi tersebut 100% sempurna. Ack, paket yang hilang, kemacetan data, atau apapun itu dibiarkan begitu saja. Yang diinginkan hanyakah koneksi antara proses A dan proses B benar – benar 100% handal. Proses A menaruh data pada akhir dari pipa UNIX. Proses B mengambilnya sesuai dengan urutan. Hal inilah hakekat dari connection-oriented transport service. Menyembunyikan ketidaksempurnaan dari network service sehingga pengguna dapat mengira bahwa hampir tidak terdapat error pada koneksi.

Segment merupakan istilah untuk sesuatu yang dikirim dari entitas transport ke entitas transport yang lain. Entitas network memproses header dari packet dan kemudian melewatkan konten dari paket – paket itu pada entitas transport. Proses ini dijelaskan pada gambar berikut:

clip_image006

Gambar 3. Segmen. Frame, dan Paket yang bersarang

Sekarang data dapat dipertukarkan dengan menggunakan SEND dan REVIECE primitif. Dalam bentuk yang paling sederhana, bagian – bagian itu dapat melakukan blokade RECEIVE untuk menunggu bagian yang lain melakukan SEND. Ketika segmen itu datang, receiver dibuka (tidak diblokade). Kemudian segmen itu dapat diproses dan dikirimkan sebuah reply. Selama keduanya tetap pada jalur pengirimannya, skema ini akan berjalan dengan baik.

referensi :

Tanenbeum : Computer Network

One thought on “Transport Layer : Transport Service

  1. saya mau tanya boleh ya.
    kalau mengetahui berapa banyak byte yang ditambahkan pada pengiriman paket dari aplication layer sampai physical layer itu gimana ya?

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s