Menjadi Mahasiswa: Sebuah Langkah Besar

Empat tahun menjadi mahasiswa merupakan masa emas dalam tahapan pengembangan diri manusia.  Banyak keahlian yang harus dibentuk agar siap terjun dalam dunia kerja. Dalam bermasyarakat, mahasiswa juga memiliki peran dan fungsi. Tidak hanya meraih prestasi, memberi kontribusi dan berbagi inspirasi juga merupakan tugas besar bagi seorang mahasiswa.

Masih teringat jelas eufora yang kita rasakan saat kita lulus SMA. Banyak cara untuk merayakan rasa senang itu. Ada yang sekedar mengadakan syukuran, ada yang mencorat-coret seragam, bahkan ada yang membuat onar di jalanan. Padahal, saat itu kita belum tahu nasib kita selanjutnya seperti apa.

Rasa syukur sekali lagi kita rasakan ketika nama kita tertera sebagai calon mahasiswa di kampus idaman. Masa depan yang cerah serasa semakin mendekati kita. Kita bersemangat sekali untuk memakai status mahasiswa. Seakan-akan banyak bayangan indah jika sudah menjadi mahasiswa kelak. Padahal, apakah kita tahu hakekat menjadi mahasiswa yang sebenarnya?

Belajar memiliki arti yang luas. Sejak SD sampai SMA, sebagian dari kita mungkin menganggap bahwa belajar merupakan kegiatan mengasah logika akademis saja. Saat menjadi mahasiswa, kita menyadari bahwa definisi belajar telah meluas. Tidak hanya kemampuan bidang akademis yang diasah, beberapa keterampilan nonakademis seperti keterampilan manajerial, komunikasi, menggagas ide kreatif, dsb, juga wajib disiapkan. Idealnya adalah seimbang antara kemampuan akademis dan keterampilan nonakademis. Langkah besar harus kita buat guna meraih kesiapan pascakampus kita.

Saat menjadi mahasiswa hakikatnya kita sedang membangun pondasi untuk dunia kerja kelak. Layaknya sebuah pondasi, terdapat bermacam-macam materi yang menyusunnya. Jika pondasi dibangun dengan menggunakan semen saja, maka tidak akan kokoh bangunan yang akan didirikan di atasnya. Seperti halnya, jika kita hanya menyiapkan kemampuan akademis atau keterampilan nonakademis saja, maka tidak akan melejit karir yang kita cita-citakan. So, akan merugi jika 4 tahun masa kuliah kita hanya kita gunakan untuk mengejar IPK saja atau untuk mengikuti kegiatan organisasi saja.

Hal lain yang membedakan siswa dan mahasiswa adalah pada Peran dan Fungsi Mahasiswa (PFM). Sebagai Iron Stock,  mahasiswa akan menjadi pemimpin tangguh, berakhlak mulia, dan kritis terhadap kondisi bangsanya. Agent of Change berarti mahasiswa harus mampu memberi suatu transformasi positif dalam permasalahan di masyarakat. Sebagai Sosial Control, mahasiswa juga dituntut untuk dapat bersosialisasi dan mengikuti perkembangan apa yang sedang terjadi di masyarakat. Mahasiswa juga bertindak sebagai Moral Force, yakni menjaga dan melaksanakan nilai-nilai moral yang ada. Keempat hal tersebut merupakan tanggung jawab moral mahasiswa kepada masyarakat dan bangsanya.

Untuk menjalankan PFM, mahasiswa tidak harus turun ke jalan dan melakukan aksi anarkis. Menggagas ide revolutioner melalui berbagai lomba juga merupakan salah satu perwujudan PFM. Lomba tingkat nasional seperti PIMNAS, Gemastik, KRI KRCI, dsb dapat menjadi wadah pengembangan diri sekaligus penyalur ide kreatif untuk kesejateraan masyarakat. Dengan demikian, mahasiswa bertindak sebagai kunang-kunang yang selalu menerangi berbagai masalah di bangsanya.

Tertarik? Yaps, memang dunia mahasiswa begitu menyenangkan. Di sini tempat kita mengaktualisasikan diri, tempat kita untuk menjadi penting di tengah masyarakat, serta tempat kita untuk berjuang meraih tujuan kita: menjadi pribadi yang sukses dan mulia. Selamat belajar dan berkontribusi. (dew)

Rahadian Dustrial Dewandono – C18

Mahasiswa Berprestasi II ITS 2012

Mahasiswa Berprestasi I Teknik Informatika ITS 2011 & 2012

Menteri Komunikasi dan Informasi BEM ITS Transformation 2011/2012

One thought on “Menjadi Mahasiswa: Sebuah Langkah Besar

  1. thanks, infony sangat membangun sekali
    jadi, semangat tahun pertama mhsiswa
    ijin, shared. .

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s