MS.id Raih Juara Satu Arkavidia ITB

Sumber : http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=8128

Kampus ITS, ITS Online – Keempat mahasiswa tersebut adalah Christian Ivan Yudisianto P, Sandi Rizky Kharima, Rahadian Dustrial Dewandono, dan Intan Dzikria. Melalui sebuah riset bersama, mereka menciptakan program bernama Globe. Hasilnya, Globe berhasil mengantarkan MS.id meraih juara I untuk kategori System Design Competition bertema Information Technology for Daily Life.

“Kategori yang kami ikuti mewajibkan pesertanya menampilkan program aplikasi,” ujar Dewa. Tak hanya itu, mahasiswa asal Mojokerto ini menyebutkan bahwa program yang dibuat pun harus bisa diimplementasikan sebagai program aplikatif.

Dijelaskan Dewa, Globe adalah aplikasi yang menggabungkan konsep Geographic Information System (GIS) dan social network. “Kami menggunakan Bing Maps milik Microsoft, program serupa Google Maps sebagai GIS,” ujar Dewa. Sementara social network yang digunakan adalah beberapa jejaring sosial yang menang sudah ada, seperti Facebook ataupun Twitter.

Melalui Globe, para pengguna jejaring sosial memungkinkan saling berinteraksi satu sama lain karena bisa mengetahui lokasi pengguna lainnya. Demikian pula saat pengguna meng-update status, maka secara otomatis keberadaan mereka pun dengan mudah bisa diketahui.

Menurut Dewa, Globe memang sengaja dikoneksikan dengan aplikasi API di Facebook. Tujuannya tak lain untuk memudahkan pengguna. “Kami mengantisipasi para pengguna yang biasanya enggan melakukan registrasi ulang,” ujar Dewa.

Ke depannya, Dewa bersama timnya berencana akan mengembangkan Globe. Salah satu rencana pengembangannya , Globe tak hanya terkoneksi dengan Facebook ataupun Twitter, melainkan juga bisa terhubung dengan Linked Ink, jejaring sosial yang lebih mengarah pada bidang keprofesian. Tak hanya itu, Dewa juga tak menampik bahwa ada kemungkinan suatu saat nanti mereka akan mengkomersilkan karyanya. “Hanya saja memang perlu sponsor karena pasti membutuhkan banyak biaya,” ujarnya.

Ms.id juga memiliki keinginan bisa mengikuti kompetisi internasional sekelas Imagine Cup yang diadakan Microsoft. Karena itulah, sekitar akhir Maret mendatang, mereka akan bertanding memperebutkan gelar juara di Microsoft Indonesia. Pasalnya, hanya akan dipilih satu tim sebagai perwakilan Indonesia di Imagine Cup. “Paling tidak kompetisi Arkavidia ini bisa menjadi jembatan awal bagi kami untuk ke sana,” ujar Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTC) ini. (fi/az)

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s