Empat Sekawan YLI dari ITS

Sumber : http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=10251

Idealisme seorang mahasiswa tak bisa dibatasi. Tak sekadar mengecap perkuliahan secara akademis, tak ada salahnya memanfaatkan kesempatan kuliah untuk menghasilkan hal-hal positif. Begitu yang dirasakan oleh empat mahasiswa ITS anggota Young Leaders for Indonesia (YLI) 2012.

Kampus ITS, ITS Online – Yang pertama adalah Rahadian Dustrial Dewandono salah seorang penggagas Indonesia Bersinar. Ia sangat termotivasi oleh Hanif Azhar yang juga merupakan anggota YLI. ”Awalnya, supaya saya bisa bermanfaat di gerakan yang sedang saya inisiasi,” tutur pria kelahiran Mojokerto ini.

Hampir serupa dengan Rahadian, Achmad Choiruddin memiliki cita-cita untuk mengabdikan dirinya melalui pendidikan. Selama menjadi mahasiswa, cita-cita itu mulai ia realisasikan dalam bentuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Mahasiswa Jurusan Statistika yang kerap disapa Didin ini berjuang terutama untuk meninggikan nasionalisme pelajar.

Sementara Alifi Adia Pranatha mungkin bisa dibilang yang paling ambisius. ”Saya ingin ngerasin semua hal. Entah itu aktivis, entrepreneur, atau kontribusi di bidang sosial,” ujar Alifi. Bagi pria kelahiran Nganjuk ini, YLI merupakan batu loncatannya untuk meraih semua mimpinya tersebut.

Satu lagi, seorang Kartini dari keempat mahasiswa pilihan tersebut adalah Tyas Ajeng Nastiti. Mahasiswa Jurusan Desain Produk Industri ini mengaku sudah ingin ikut YLI sejak gelombang recruitment sebelumnya. Sayangnya, ia terlambat mendaftar. Motivasinya mengikuti YLI didasari oleh keinginan untuk melebarkan jaringan sosialisasinya hingga ke seluruh Indonesia. ”Saya suka berteman. Untuk dapat banyak teman, itu yang jadi motivasi saya,” kata Tyas.

Telah lebih dari sebulan sejak mereka dinyatakan resmi menjadi anggota YLI 2012. ”YLI banyak melatih kepemimpinan dan manajemen diri,” Didin menjelaskan. Kini, Didin, Tyas, Rahadian dan Alifi memiliki proyek masing-masing untuk dikembangkan. Hal ini merupakan hasil dari forum pertama yang telah mereka ikuti. Dua forum lagi akan menyusul sebelum bulan September nanti

YLI merupakan program yang diinisiasi oleh sebuah perusahaan konsultan dunia, McKinsey. Sudah cukup banyak mahasiswa ITS yang menjadi alumni pelatihan skala internasional ini. ”Mereka yang saya jumpai saat forum benar-benar orang yang luar biasa,” ungkap Tyas. Hal ini, menurutnya, merupakan contoh bagi mahasiswa mengenai banyaknya hal-hal yang bermanfaat di kehidupan luar kampus. (set/lis)

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s