Rencana Produktif #pray42013 !

Dinamisasi kehidupan manusia sangat unik. Kadang kita sedih, kadang kita gembira. Kadang kita merasa paling sukses, kadang dengan sekejap kita merasa paling gagal. Kadang kita galau, kadang kita bersemangat. Fase demi fase, jenjang demi jenjang, peran demi peran dalam kehidupan telah dilalui.

Hash-tag #pray42013 (baca: Pray for 2013) adalah semangat saya dalam menyempurnakan separuh agama. Semangat ini sudah lama hidup di benak ini, sejak saya merencanakan kembali proposal hidup saya. Tahun 2013 saya pilih karena keinginan saya untuk lekas menunaikan ibadah berupa pernikahan sebelum berangkat ke Jerman (amin!!). Masih ada 4 bulan untuk menuju tahun 2013. Rencana produktif sangat dibutuhkan untuk mengisi kekosongan itu.

September 2012 adalah momen saya membuktikan bahwa saya tidak sekedar berwacana. Momen itu adalah momen penutup fase kegalauan saya akan pencarian sebuah nama. Sebuah langkah konkret telah saya laksanakan. Dan insyaAllah jika sabar dan dengan niatan benar, langkah ini akan berbuah keberkahan.

Nevertheless, oleh karena satu dan lain hal, keadaan mengharuskan saya untuk menunggu sekitar 7-8 bulan sebelum menjadi pemimpin dari qurrota a’yun ini. Ya, alhamdulillah bertambah 3 bulan. Allah pasti memiliki rencana lebih baik dengan menganugerahkan waktu tunggu itu.

Jika boleh jujur, saya benci menunggu. Saya benci menghitung hari, melihat tanggal demi tanggal, dan menanti sebuah ketidakpastian. Akan tetapi, saya bisa menyikapinya secara berbeda. Menunggu bukan berarti bersikap pasif dan pasrah dengan keadaan. Menunggu haruslah tetap produktif. Untuk itu, dalam masa menunggu ini, saya harus merencanakan sesuatu. Sesuatu yang produktif, sesuatu yang dapat membunuh kebosanan ini.

Wirausaha IT

Rencana pertama adalah mengembangkan wirausaha di bidang IT. Alhamdulillah, berkat indahnya silaturahmi, saya dipercaya untuk menggarap beberapa proyek IT.Mulai dari pembuatan web, pembuatan video profile, ataupun pembuatan perangkat lunak sederhana lainnya. Ini merupakan awalan emas, tinggal dipoles sedikit, insyaAllah bisa menyokong kemandirian ekonomi saya.

Target pribadi tabungan sebelum menikah minimal 15 juta. Saat ini insyaAllah masih seperempatnya. Belum lagi dikurangi biaya hidup bulanan. So, untuk mencapainya, dibutuhkan strategi yang matang. Mulai dari promosi, branding, layanan, dan perawatannya harus benar-benar dipikirkan. InsyaAllah siap secara finansial dapat saya capai. Amin :)

Thesis !!!!!

Setelah rampung Tugas Akhir, sekarang saatnya mengurusi Thesis S2. Delapan bulan adalah waktu yang sangat berharga untuk mengerjakan thesis. Rencananya, akhir september ini topik, judul, dosen pembimbing harus fix. Akhir tahun ini, adalah target sudah mulai mengerjakan programnya. Semoga bisa mengatasi berbagai hambatan. Saya percaya bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Amin. :)

Tambah Hafalan

Sebenarnya saya malu jika saya ingin menjadi pemimpin dari hamba Allah yang sholihah, namun hafalan saya masih minim. Memang jika dihadapkan dengan hafal-menghafal saya agak lambat. Nilai sejarah sya dulu sering dapat jelek. :D Tapi, jika diniatkan dengan benar, dikondisikan, dan diseriusi, insyaAllah akan dimudahkan oleh-Nya. Dengan demikian, meraih predikat pemimpin bagi hamba-hamba yang bertakwa tidak sekedar wacana. Amin :)

Selesaikan Amanah di Kemkominfo BEM ITS

Akhirnya fix, kepengurusan BEM ITS Transformation 2011/2012 diperpanjang. Ada buruknya dan ada pula baiknya. Baiknya, Kemkominfo berkesempatan untuk menfasilitasi teman-teman HMJ dan BEMF untuk bertransformasi secara struktural. Yes, We’re gonna transform them all!!

Berdasar kesepakatan Rapat Kerja Ormawa KM ITS 2012, KM ITS akan merintis Sistem Informasi secara terintegrasi. BEM ITS sebagai ormawa eksekutif tertinggi harus dapat menfasilitasi seluruh HMJ dan BEM Fakultas. InsyaAllah, menjelang akhir September ini, akan diadakan pelatihan teknis untuk perwakilan ormawa dalam rangka mengakomodasi hal tersebut.

Liqo, Liqo, dan Liqo

Meski saya aktif mengikuti liqo, tapi saya sudah lama tidak mengisi liqo. Padahal ini salah satu metode dakwah yang paling efektif. Jika saya bermimpi untuk mendidik anak-anak secara ideologis, maka cara untuk melatihnya ya dengan mengisi liqo. InsyaAllah selama delapan bulan ini saya akan hidupkan kembali kaderisasi ideologis yang efektif ini.

Dengan mengisi Liqo, saya akan dipaksa untuk belajar materinya. Ibarat gelas perantara, setelah menyalurkan harus diisi kembali agar bisa menyalurkan lagi. Semangat belajar agama. !!!!

Kegiatan Sosial

Agar 8 bulan ini rasa empati saya masih tetap terjaga, rencananya pascakepengurusan BEM ITS, saya tetap mengikuti program ITS Mengajar. Ya, at least, belajar mendidik anak kecil, sebagai motivasi juga untuk menjadi Bapak. Bukan begitu?! Hehe..

Fat Burning, Muscle Building !!! Hosh Hosh !!

Oleh karena serangan kesibukan TA dan amanah lain yang luar biasa diekstensi dengan adanya bulan puasa, per Mei 2012 kemarin saya berhenti untuk tidak olahraga di gym. Badan yang biasanya prima dan bugar, tiba-tiba gampang letoy. Secepatnya saya mengikuti latihan lagi. Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan wanita yang sehat untuk lelaki yang sehat. Bukan begitu?! hehhe :D

. . .

Semoga delapan bulan ini saya tidak dilanda kegalauan. Seharusnya kegalauan2 itu sudah lewat, sekarang waktunya untuk memantaskan diri. Dengan demikian, delapan bulan lagi, saya berharap sudah siap untuk menjadi nahkoda bahtera jurusan surga. Amin :)

3 thoughts on “Rencana Produktif #pray42013 !

  1. wah menarik. semoga tercapai targetnya bos! :D

  2. […] pada pos sebelumnya, saya pernah membuat rencana produktif pray42013, pada pos kali ini saya kembali memaparkan […]

Tinggalkan Jejak

