Rencana Strategis Kemkominfo BEM ITS 2011-2015

clip_image001Hehe, ternyata saya belum berbagi rencana strategis Kementerian Komunikasi dan Informasi BEM ITS 2011-2015 di blog saya. Ya, ini adalah renstra perdana bidang Kominfo di BEM ITS. Dengan adanya rencana strategis ini, diharapkan penyebaran informasi dan perihal jurnalistik di KM ITS dapat dikembangkan dengan lebih terarah.

Renstra Kemkominfo BEM ITS ini dilanjutkan dengan penyetujuan KM ITS pada Renstra bidang Komunikasi dan Informasi KM ITS 2011-2015. Mengenai Renstra Kominfo KM ITS, saya pos di pos yang selanjutnya. Berikut Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informasi BEM ITS 2011-2015.

 

Kondisi Awal Kementerian Kominfo BEM ITS 2010-2011

Kondisi awal Kementerian Komunikasi dan Informasi BEM ITS adlaha sebagai berikut:

  • Web BEM ITS mati dan hilang kontennya
  • Vivat tenggelam dari peradaban
  • Belum ada SOP Redaksional dan Multimedia
  • Minat menulis mahasiswa ITS rendah
  • Forum Media KM ITS tidak efektif
  • Kerjasama dg Lembaga Pers sebatas Koran Gratis (KOMPAS) dan Rubrik Khusus (Republika)
  • Belum ada pola kaderisasi jurnalistik
  • Sistem Informasi KM ITS tidak efektif

CAPAIAN STRATEGIS 2015

Pada tahun 2015, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) BEM ITS mampu menjadi pelayan informasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). TIK berperan sebagai sistem publikasi dan komunikasi wacana yang berkembang di KM ITS dan Indonesia.

Terdapat 4 poin capaian strategis Kementerian Kominfo BEM ITS 2015, yakni :

¨ BEM ITS menjadi Role Model ICT Based Organization di Indonesia

Pada tahun 2015, BEM ITS diharapkan menjadi organisasi mahasiswa percontohan dalam aspek penggunaan TIK sebagai pendukung proses bisnis organisasi.

¨ BEM ITS menjadi Pengendali Wacana di KM ITS

BEM ITS melalui VIVAT Press seharusnya menjadi pusat pengendali wacana yang berkembang di KM ITS. Hal ini dapat dilaksanakan melalui peningkatan brand VIVAT Press sebagai media pewacanaan milik BEM ITS.

¨ BEM ITS mendesain Pola Kaderisasi Jurnalistik Mahasiswa ITS

Kominfo BEM ITS dengan berkolaborasi dengan seluruh lembaga media yang ada di KM ITS mampu mendesain pola kaderisasi jurnalistik mahasiswa ITS. Hal ini akan diterapkan dengan dilaksanakannya pelatihan jurnalistik yang lebih terkonsep.

¨ BEM ITS berkolaborasi dengan Lembaga Pers Nasional Strategis

Kominfo BEM ITS dapat menggait media tingkat nasional untuk berkolaborasi mempublikasikan acara dan wacana di KM ITS. Contoh media tingkat nasional adalah Jawapos, Surya, atau Kompas.

Pendekatan Dua Bidang, Hightouch – Hightech

Untuk lebih mengkonkretkan capaian strategis Kementerian Kominfo BEM ITS 2015, dikatagorikan capaian – capaian melalui pendekatan secara dua bidang. Bidang Hightouch bertujuan untuk menjadikan media yang diwacanakan oleh Kominfo lebih menyentuh seluruh kalangan. Bidang Hightech bertujuan untuk mendukung publikasi media dan kegiatan di KM ITS.

Capaian Bidang Hightouch

Capaian bidang hightouch Kementerian Kominfo tahun 2015 terdiri dari:

¨ Pengendali Wacana

¨ Kaderisasi Jurnalistik

¨ Kolaborasi dengan Lembaga Pers

Capaian Bidang Hightech

Capaian bidang high-tech Kementerian Kominfo tahun 2015 adalah BEM ITS menjadi Role Model ICT Based Organisation di Indonesia

Penentuan Skala Prioritas
Capaian Kementerian KOMINFO BEM ITS

Keempat capaian strategis Kementerian Kominfo BEM ITS 2015 dibuat sebuah perancangan pencapaian strategis.

clip_image001

Pada tahun 2012, Kominfo BEM ITS fokus untuk menjadi pengendali wacana KM ITS. Pengendali wacana akan diakomodasi oleh VIVAT Press BEM ITS. Dengan demikian, fokus Kementerian Kominfo tahun 2012 adalah peningkatan branding VIVAT Press di mahasiswa ITS. Di lain sisi, Kominfo BEM ITS mulai merintis sistem informasi KM ITS yang nantinya akan menjadi sebuah sistem TIK strategis untuk menyebarkan wacana di KM ITS dan Indonesia.

Tahun 2013, pembuatan pola kaderisasi jurnalistik menjadi fokus utama. Diharapkan kominfo berkolaborasi dengan seluruh lembaga media di KM ITS untuk membentuk tim independen guna menyusun pola kaderisasi jurnalistik. Hal dari tim tersebut akan menjadi pedoman bersama seluruh pelatihan jurnalistik di KM ITS.

Pada sisi high-tech, Kementerian Kominfo sudah memasuki fase pembudayaan penggunaan sistem informasi KM ITS dan penggunaan TIK sebagai pendukung publikasi dan pewacanaan. Hal ini akan dilaksanakan dari tahun 2013 – 2014.

Tahun 2014 – 2015, pada bidang hightouch, Kementerian Kominfo focus untuk berkolaborasi dengan lembaga pers nasional yang strategis. Hal ini diharapkan terdapat sebuah kerja sama yang saling menguntungkan antara BEM ITS dengan media nasional.

Strategi Pewujudan
Capaian Strategis Kementerian KOMINFO BEM ITS
Tahun 2012

Capaian strategis Kementerian Kominfo tahun 2012 adalah menjadi pengendali wacana di KM ITS dan merintis budaya TIK sebagai sistem pendukung publikasi wacana di KM ITS.

Penguatan Branding VIVAT

Penguatan branding dilakukan melalui strategi sebagai berikut:

¨ Diferensiasi VIVAT

VIVAT yang dahulunya hanya dikenal sebagai brand pada bulletin dan majalah saja, sekarang dilakukan proses penganekaragaman. Web, Status FB, SMS Gateway, dan seluruh media publikasi BEM ITS akan dinamakan sebagai VIVAT.

¨ Peningkatan Kualitas Konten VIVAT

Mahasiswa ITS akan lebih tertarik jika konten yang diwacanakan oleh VIVAT Press lebih berkualitas. Untuk itu, proses dirjen redaksional dan pewacanaan wajib menggodok materi yang akan dipublikasikan melalui VIVAT Press

¨ Reorientasi Penyebaran VIVAT

VIVAT Press akan disebarkan secara tepat sasaran. Penyebarannya dilakukan dalam bentuk majalah online yang ditampilkan dalam web resmi bem its. Keuntungan penyebaran dengan metode ini adalah efisiensi pengeluaran dan dapat terukurnya jumlah pembaca.

¨ Vivat Media Partner

VIVAT Media Partner merupakan bagian dari VIVAT Press untuk melakukan kerja sama dengan HMJ atau BEMF di KM ITS. Kerja sama yang dilakukan adalah VIVAT Press akan membantu publikasi dan peliputan acara HMJ atau BEMF, sedangkan HMJ atau BEMF wajib mencantumkan logo VIVAT Press di seluruh media publikasi yang mereka punya.

¨ Pembuatan SOP Redaksional & Multimedia

SOP berfungsi untuk menanamkan sifat disiplin terhadap staf. Untuk itu, agar proses peliputan, penulisan berita, serta publikasi berita pada VIVAT Press tidak bermasalah, Kementerian Kominfo BEM ITS 2011 – 2012 wajib membuat SOP Redaksional dan Multimedia.

¨ SPAM Kebaikan

Strategi lain adalah melakukan penyebaran di social media mengenai wacana positif dan publkasi acara di KM ITS secara massif dan cepat.

¨ Forum Media ITS

Forum media ITS diharapkan dapat meningkatkan tali silaturahmi di antara lembaga media di KM ITS. Selain itu, branding VIVAT dapat ditingkatkan dengan cara mengajak secara langsung seluruh perwakilan lembaga media yang hadir dalam forum.

Perintisan Budaya ICT-Based Organization

Untuk mengawali penanaman budaya ICT-Based Organization dilakukan strategi sebagai berikut:

¨ Memulihkan Web BEM ITS

¤ Pilih domain bem.its.ac.id

¤ Desain semenarik mungkin

¤ Gencarkan publikasi

¤ Beri nama VIVAT

¨ Vivat Digital Bulletin

¨ Administrasi dan Keuangan berbasis ICT

. . .

Semoga rencana strategis ini menjadi batu pijakan awal pengembangan media informasi dan jurnalistik di KM ITS. Amin.

Rahadian Dustrial Dewandono
Menteri Komunikasi dan Informasi BEM ITS Transformation 2011-2012

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s