Kemkominfo BEM ITS: Prestasi dan Evaluasi

Kementerian Komunikasi dan Informasi BEM ITS merupakan Kementerian dalam Rumpun Koordinasi Pergerakan Mahasiswa yang fokus menfasilitasi sarana penyebaran informasi. Dengan mengusung selogan “High Touch with High Tech”, Kemkominfo BEM ITS 2011/2012 juga mulai membudayakan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) populer guna mendongkrak fungsionalitas dari penyebaran informasi. Kemkominfo BEM ITS 2011/2012 juga merintis Rencana Strategis bidang Kominfo BEM ITS 2011-2015 dengan tujuan terciptanya sinergisitas sistem penyebaran informasi dari tahun ke tahunnya.

Berdasarkan garis haluan Dewan Perwakilan Mahasiswa, fungsi dari Kemkominfo BEM ITS adalah untuk menfasilitasi penyebaran informasi baik ke dalam ataupun ke luar lingkup Keluarga Mahasiswa (KM) ITS. Arahan Presiden BEM ITS juga mempertegas fungsi kominfo untuk memegang ranah penyebaran informasi serta menjadikan BEM ITS sebagai Role Model Organisasi berbasis TIK. Dua dasar ini mendorong Kemkominfo BEM ITS menetapkan visi, “High Touch with High Tech”. Visi ini mengharuskan Kemkominfo BEM ITS dapat memanfaatkan TIK untuk menyebarkan informasi ke seluruh lapisan masyarakat.

Fokus utama pada tahun pertama Rencana Strategis bidang Kominfo BEM ITS adalah meningkatkan citra baik dari VIVAT. Sebelumnya Vivat hanya dikenal sebagai buletin BEM ITS. Untuk organisasi sekelas BEM ITS, brand VIVAT tidak begitu populer. Saat ini, dengan adanya program VIVAT Media Partner, VIVAT telah menjadi icon kuat publikasi BEM ITS. Tidak hanya sebagai nama buletin saja, logo VIVAT juga telah ditetapkan sebagai logo wajib yang dipakai pada seluruh publikasi BEM ITS.

Kemkominfo BEM ITS 2011/2012 berhasil menghasilkan beberapa gebrakan. Dengan memanfaatkan TIK, administrasi BEM ITS telah bertransformasi signifikan. Sebelumnya administrasi BEM ITS di simpan di komputer kantor serta sangat tidak fleksibel dalam hal pengaksesan. Saat ini, dengan memanfaatkan Dropbox dan Google Calendar, administrasi BEM ITS telah dibangun dengan lebih modern. Siapapun dapat dengan lebih fleksibel mengakses arsip administrasi BEM ITS. Penyebaran virus TIK ini dilanjutkan ke lingkup KM ITS. Kemkominfo BEM ITS telah menfasilitasi pelatihan teknis pemanfaatan TIK kepada seluruh ormawa KM ITS.

Pemanfaatan TIK juga terdapat dalam strategi penyebaran informasi. Dahulu, BEM ITS cenderung fokus untuk mempublikasikan melalui media cetak berupa poster. Selebaran, atau majalah. Saat ini, informasi dapat disebarkan dengan sangat masif dengan memanfaatkan dunia maya. Bahkan, Kemkominfo BEM ITS bersama bidang Kominfo di seluruh Ormawa ITS berhasil menggagas Sistem Informasi Terintegrasi. Fan Page FB Pusat Informasi ITS adalah salah satu produknya.

Gerakan Indonesia Bersinar, sebuah gerakan masif BEM ITS, bermula dari Rencana Program Kerja Kemkominfo. Berbentuk gerakan kampanye optimisme secara besar-besaran melalui dunia maya, gerakan ini berhasil menginisiasi tahap transformasi mindset mahasiswa ITS pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Gerakan ini juga efektif sebagai sarana edukatif bagi mahasiswa ITS untuk meningkatkan wawasan kebangsaan yang saat ini masih rendah.

Kejelasan pembagian ranah kerja masing-masing staf menjadi tantangan tersendiri untuk kepengurusan ini. Banyak dan spesifiknya proker dan terbatasnya staf mengharuskan tiap staf hanya fokus dengan prokernya masing-masing. Alhasil kerja sama di antara staf kurang optimal. Hal ini dapat menjadi salah satu poin evaluasi agar kepengurusan selanjutnya dapat lebih baik.

Diharapkan kepengurusan selanjutnya dapat fokus pada Rencana Strategis bidang Kominfo BEM ITS di tahun kedua, yakni mengenai Kaderisasi Jurnalistik. Kepengurusan saat ini telah menginisiasi forum media dan pers yang melibatkan seluruh elemen ormawa KM ITS. Hal ini bertujuan untuk merumuskan kurikulum dasar kaderisasi jurnalistik KM ITS, yang nantinya akan dikoordinasikan lebih lanjut oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) 10 ITS. Diharapkan juga kepengurusan selanjutnya dapat melanjutkan Gerakan Indonesia Bersinar, karena gerakan ini merupakan media efektif untuk menyebarkan informasi positif tentang bangsa sekaligus untuk meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa ITS. (/dew)

One thought on “Kemkominfo BEM ITS: Prestasi dan Evaluasi

  1. lanjutkan bro… :)

    Azzam
    Teknik elektro ITS 2008

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s